Cara Mudah Mengobati Amandel Si Kecil

Sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna pada tubuh anak-anak akan membuat mereka lebih rentan terkena penyakit. Sebut saja mulai dari pilek, batuk, demam hingga radang amandel. Peradangan pada amandel ini sendiri kerap terjadi dan cukup mengganggu karena menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan hingga kesulitan menelan makanan. Mengobati amandel si kecil sebenarnya tidak terlalu sulit. Banyak kasus amandel yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa obat. Selain itu, radang amandel sendiri sebenarnya bukanlah kondisi yang membahayakan jiwa sehingga orangtua tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa cara untuk meringankan dan menyembuhkan radang amandel pada anak.

adorable-baby-boy-101537

Cara-cara Mengobati Amandel Si Kecil

Berikut ini adalah cara mengobati amandel si kecil.

1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mengobati amandel si kecil tak boleh luput dari pemenuhan kebutuhan cairan tubuh. Pastikan anak tetap mengkonsumsi air putih secara rutin dan dalam jumlah yang tepat. Air hangat lebih disarankan dibanding air dingin agar bisa meringankan sakit pada tenggorokan.

Baca juga: Menu MPASI terbaik bayi 6 bulan

2. Lemon

Vitamin C yang tinggi dalam buah lemon akan bisa membantu meredakan sakit pada tenggorokan akibat radang amandel. Campurkan perasan buah lemon dalam segelas air hangat lalu tambahkan madu murni. Racikan ini bisa jadi obat amandel alami yang ampuh dalam meredakan peradangan. Konsumsi setidaknya tiga kali dalam sehari agar manfaat maksimalnya bisa didapat.

3. Berkumur Menggunakan Air Garam

Mintalah anak berkumur menggunakan air garam agar dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan serta mengobati peradangan yang dialami. Caranya, campurkan segelas air hangat bersama garam secukupnya. Lakukan dua kali sehari secara teratur.

4. Makanan Lunak

Selagi mengobati amandel si kecil, berikan makanan lunak dengan tekstur lembut yang mudah dikunyah dan dicerna. Ini karena makanan padat dan kasar akan membuat tenggorokan terasa semakin sakit saat menelan. Berikan bubur dan makanan lembut lain yang masih dalam keadaan hangat. Jangan lupakan pula teh hangat, terutama yang sudah dicampur madu karena sifat antibakterinya akan mengobati tenggorokan. Jika kondisi radang amandel sudah membaik, barulah makanan padat bisa kembali diberikan.

No comments yet

Leave a comment